all bout

it's all bout what i think, what i feel..

Sunday, July 23, 2006

Air Ketuban Banyak...?!?

Lagi, lagi..dokter kandunganku berkata..
"mmhh, sepertinya seperti hamil yang pertama ini, air ketubannya banyak lagi.."

"jadi, gimana donk Dok..?!kenapa se koq bisa gini..?!truzz bisa dikurangin ga' tuh air ketubannya..?!"tanyaku penuh tanya, meski aku tahu itu adalah the stupid question..kali deh air ketuban bisa dikurangin atau disedot gitu..ga' mungkin kan..

dan lagi, lagi..dokter kandunganku tak bisa menjawab dengan pasti..
"kita juga ga' tahu penyebabnya apa..air ketuban sedikit, air ketuban banyak sudah dari sananya, ga' bisa diapa-apain lagi..mudah-mudahan bisa lahir normal yaaa.."

dan aku sangat berharap, memohon padaNya agar bisa melahirkan anak yang kedua ini secara normal..

***
10 Desember 2004..
detik-detik itu masih terbayang dalam ingatanku..setelah periksa dalam yang dilakukan seorang suster, ternyata aku sudah pembukaan 2, selepas maghrib aku sempatkan berjalan-jalan dengan Mama, yang kata orang bisa mempercepat pembukaan selanjutnya..saat itu, suami sedang kembali kerumah Mama, ada sesuatu yang tertinggal..menjelang Isya, suster menyuruhku untuk istirahat di tempat tidur saja, Emak pun datang, dan mengusapkan air zam-zam ke perutku..tak lama terdengar adzan Isya berkumandang, dan ketika itu pula tiba-tiba ada air keluar dari tubuhku, sedikit bingung, yang kemudian baru aku tahu bahwa air itu adalah air ketuban..ketubanku pecah, sepertinya tidak ingin berhenti, ia mengalir terus, warnanya kehijauan seperti cincau, aku usahakan tetap tenang dan memohon yang terbaik padaNya, berharap tiada suatupun yang buruk terjadi..air itu mengalir terus, para susterpun segera mengambil berbagai tindakan..

"Ibu, suaminya mana..?!?" saat itu baru tersadar, suamiku belum kembali..
"Kita harus segera mengambil tindakan Bu, air ketuban Ibu sudah keluar banyak sekali, kira-kira sudah 4 literan, sudah kami konsultasikan dengan dokter kandungan Ibu, dan harus segera diambil tindakan operasi 2 jam lagi.."

memang air ketuban yang banyak sudah diberitahukan oleh dokter kandunganku sebelumnya, tapi hal seperti ini benar-benar diluar perkiraan kami juga dokter kandungan kami, hingga tindakan seperti itu memang sepertinya harus dilakukan, mengingat pembukaan masih sedikit dan air ketuban sudah banyak sekali yang keluar..

saat itu, aku cuma berharap yang terbaik, bukankah aku meminta yang terbaik padaNya, dan aku yakin apapun yang Dia berikan untukku adalah yang terbaik..

suamiku datang, dengan koko putihnya..dia hanya tersenyum..ternyata dia sudah menandatangi surat itu..

"Ga papa yaaa Cin..semoga ini yang terbaik.." dan aku hanya tersenyum..

menjelang 2 jam itu, aku selalu berdo'a semoga pembukaanku bertambah, bertambah, dan bertambah..hingga operasi itu tidak perlu dilakukan..namun sepertinya hal itu tidak mungkin, kira-kira jam 9 malam, para suster itu membawaku keruang operasi, ditemani suami tercinta, dan dia selalu tersenyum padaku, sambil meminta do'a pada sahabat-sahabat kami melalui SMS dan memohon yang terbaik padaNya..

dokter anastesi itu datang, setelah bertanya adakah aku alergi dengan obat, dan kujawab tidak..dia segera membiusku, hanya setengah badan saja, perut kebawah, dan kelu juga beku hinggap dalam tubuh bawahku..dan aku pun didorong ke ruangan putih itu..dokter kandunganku sudah ada disana dengan pakaian operasi lengkapnya, juga 2 dokter lainnya..terlihat berbagai macam bentuk bentuk benda tajam disana yang aku tidak tahu namanya, yang jelas semua itu yang nantinya akan dipergunakan untuk membuka perut dan mengambil buah hatiku dari rahimku..

antara perut ke bawah dan perut keatas dibuat semacam hijab, hingga aku tidak dapat meihat apa yang sedang mereka lakukan dengan perutku, suamiku tercinta yang tadinya ingin menemaniku selama operasi berjalan tidak diizinkan ikut serta dikhawatirkan tidak kuat untuk melihatnya nanti..bagian tubuhku kebawah memang mati rasa, tapi aku sadar meski tidak kurasakan apa yang mereka lakukan, yang kutahu tak lama kemudian, mungkin kira-kira 10 menit setelahnya kudengar batuk mungil dan tangis itu..

"Ibu, lihat anaknya sudah lahir..pukul 21.43.."

putih bersih, mungil tubuhnya..mereka menunjukkannya padaku, akupun tersenyum..bahagia..dan segala rasa ada didalamnya..kemudian akupun tertidur ketika mereka menutup perutku kembali..
***

aku hanya bisa berdoa..berharap..memohon padaNya untuk selalu memberikan yang terbaik padaku..apapun itu yang pasti aku yakin Alloh selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-hamabNya, meski mungkin sesuatu itu diluar keinginan kita, tetapi bukankah Alloh Yang Maha SegalaNya, Maha Tahu apa yang terbaik untuk kita..

dan hingga saat ini pun aku belum tahu apa penyebab air ketubanku selalu berlebih dalam dua kehamilanku ini..

4 Comments:

  • At 2:19 PM, Anonymous Dhika said…

    semoga senantiasa dimudahkan bu...

     
  • At 8:06 PM, Anonymous Lita said…

    Hemmm, kalo aku gak salah ngerti, dari kelahiran Nadia; kayanya caesarian-nya bukan hanya karena ketuban sudah banyak yang keluar tapi karena WARNAnya yang hijau.

    Warna hijau menandakan kualitas ketuban yang sudah jauh menurun, sebagai indikasi tercemar (kalau tidak salah oleh 'buangan' metabolisme janin).

    Ketuban yang keluar banyak itu tidak apa-apa, asalkan yang tersisa dalam rahim masih cukup untuk menunjang kehidupan janin hingga saat dia dapat dikeluarkan.

    Oh ya, ketuban yang berlebih hingga abnormal itu istilahnya hidramnion. DSOGku juga bilang kalau penyebabnya tidak diketahui dan tidak/belum ditemukan pencegahannya.

    Hanya saja, biasanya kehamilan yang mengalami hidramnion itu janinnya prematur. Dan kalau janinnya normal, berarti bukan hidramnion, hanya jumlah ketuban yang banyak saja. Kehamilan pertamaku juga ketubannya banyak. Bukan kelainan :)

    Semoga dimudahkan, diberi ketenangan yang melimpah, dan semoga bisa melahirkan spontan :)

     
  • At 10:47 AM, Blogger danida said…

    Semoga diberi kemudahan & kelancaran smp nanti tiba waktunya lahir ya ummi, Insya Allah Dia selalu memberi yg terbaik untuk umat-Nya:)

     
  • At 5:24 PM, Blogger azfa said…

    assmkm... skr dah bulan keberapa umm?? fa skr juga hamil pertama dah bulan kelima... mudah2an dimudahkan dan lancar... saling do'a mendo'a yahh.. :)

     

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home